Dewasa ini, persaingan dalam dunia bisnis sangat ketat. Konsumen memiliki pilihan produk yang amat beragam, sehingga tiap perusahaan akan berusaha menarik awareness mereka, mencoba produk dan menjadikan mereka customer yang loyal. Situasi ini menyebabkan mau tidak mau setiap perusahaan harus menjadikan marketing menjadi “panglima” atau  sebagai lokomotif untuk menarik gerbong-gerbong fungsi perusahaan yang lain. Jika pemasaran tidak berhasil, perusahaan secara keseluruhan akan mengalami kesulitan.
Bagi kebanyakan fungsi lainnya dalam perusahaan, termasuk pengawasan,  marketing masih merupakan sebuah kegiatan yang bersifat black box: tidak terlalu jelas apa yang terjadi di sana. Padahal fungsi yang sedemikian pentingnya bagi perusahaan tentunya harus mendapatkan pengawasan yang memadai. Bagi auditor, memberikan nilai tambah bagi fungsi marketing masih cukup sulit dilakukan, sehingga merupakan tantangan tersendiri.
Oleh karena itu, untuk dapat melakukan audit operasional atas fungsi marketing, seorang auditor tidak hanya cukup menguasai auditing saja. Auditor juga dituntut memiliki landasan pengetahuan yang memadai mengenai marketing. Dengan demikian, audit yang dilakukan dapat memberikan saran-saran perbaikan yang dapat dilaksanakan, sehingga fungsi pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Tujuan 

Memberikan pemahaman kepada peserta mengenai tatacara pelaksanaan audit operasional atas fungsi marketing.
Membekali peserta dengan Teknik-teknik dan pendekatan Audit Internal terhadap aktifitas marketing
Secara umum pelatihan ini diharapkan akan memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi auditor dalam melakukan tugas-tugas audit yang bernilai tambah

Materi

UNDERSTANDING OF MARKETING AREAS
Marketing environment
Marketing strategy and objectives
Marketing organization
Marketing systems
Marketing productivity
Marketing mix
Characteristics of A Marketing Audit
Marketing Audit Process-1, Review background materials:
financial results
organization chart
business plans
Interview management and tour facilities
Ride with salespeople and visit customers
Hold interim meetings to discuss findings and likely alternatives
Marketing Audit Process-2, Gather additional information:
additional management and salesperson interviews
interview and written surveys with customers and trade
internal written survey
outside expert interviews
competitor interviews
product costs and profits, sales results, marketing budgets
Perform analysis and develop alternatives
Hold work sessions to develop marketing strategy and next steps for implementation

Pelatihan untuk Anda:

Auditor Internal atau Satuan Pengendalian Internal pada seluruh tingkatan: manajerial, supervisor, ketua tim, dan anggota tim
Staf profesional yang ingin memiliki pengetahuan tentang tatacara pelaksanaan audit operasional atas fungsi marketing

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.

  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.

  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.

  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.

 

Advertisement