DESKRIPSI :
Account Payable merupakan kewajiban perusahaan terhadap pihak lain yang harus dipenuhi dalam jangka waktu singkat. Account payable ini muncul akibat adanya pembelian secara kredit. Kebutuhan akan barang dan keterbatasan cash flow yang dimiliki oleh perusahaan merupakan masalah yang dialami oleh pelaksana Account Payable. Di satu sisi perusahaan dituntut untuk terus berproduksi memenuhi kebutuhan customer, namun di sisi lain perusahaan tidak selalu memiliki kecukupan dana untuk membayar semua aktivitas pembelian. Akibatnya sering salah satu dari hal tesebut dikorbankan dan mengorbankan salah dari keduanya tentu saja memiliki resiko. Menunda pembelian barang akan berdampak pada penurunan sales, atau bahkan hilangnya keberlanjutan order. Tapi jika menunda pembayaran, supplier akan menolak untuk mengirimkan barang berikutnya. Akibatnya perusahaan akan gagal berproduksi dan gagal pula untuk delivery barang dan jasa. Oleh karenanya dibutuhkan strategi yang tepat agar problem payable ini dapat diatasi. Pengelolaan Accounts Payable sebenarnya tidak kalah pentingnya dibanding pengelolaanAccount Receivable karena sama-sama memberi dampak terhadap cashflow secara keseluruhan. Fungsi Account Payable saat ini tidak lagi sebagai fungsi yang sekedar melakukan kegiatan administrasi, namun telah beranjak menjadi fungsi strategis yang mendukung perusahaan dalam mencapai profit yang tinggi dan keberlangsungan aktivitasnya. Peningkatan fungsi ini mengandung konsekuensi bahwa karyawan bagian Account payable harus personil yang handal dan berkompeten, memahami bisnis proses, serta dapat memberikan input dan informasi yang berguna dalam pengelolaan cash flow perusahaan dan pengambilan keputusan oleh manajemen, serta terlibat aktif dalam aktivitas penurunan biaya.
Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan kepada peserta yang ingin mendalami berbagai aspek yang berpengaruh dalam pengelolaan hutang, baik yang bersifat strategis maupun best practices. Peserta akan diberikan pemahaman lebih lanjut mengenai Account Payable, permasalahanAccount payable, serta solusi dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan Account Payable tersebut.
TUJUAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat:
- Memahami Account Payable dan praktek manajemennya;
- Mampu melakukan administrasi yang efektif terhadap proses account payable;
- Mengelola Account Payable secara efektif serta cash flow secara efisien;
- Berperan aktif dalam pengelolaan cash flow yang efisien, dan eliminasi kemungkinan terjadinya kecurangan dalam proses payable;
- Memberikan informasi yang akurat mengenai Account Payable dalam pengambilan keputusan oleh manajemen;
Meningkatkan apresiasi dan tanggung-jawab peserta terhadap peningkatan kinerja dan keberhasilan perusahaan secara umum
MATERI
- Pengantar: Pengertian Account Payable dan ruang lingkupnya
- Pengaruh Account Payableterhadap cashflow
- SOP dalam aktivitas account payable
- Perubahan paradigma dlm proses payable, dari fungsi administratif menjadi strategis
- Pengelolaan administasi Account payable : Master vendor, pengelolaan dokumen, dan control internal
- Keputusan dalam Accounts Payable
- Accrue Expenses dan Accounts Payable
- Mendesain laporan Account Payable dan hubungannya dengan keputusan manajemen
- Analisis Account Payable
- Pendekatan strategi procurement dalam mengelola payables
- Aspek-aspek perpajakan dalam aktivitas account payable
- Penilaiaan supplier : Klasifikasi dan pengaruhnya bagi aktivitas perusahaan
- Penyusunan report dalam account payable & pengaruhnya dlm keputusan manajemen
- Pemahaman potensi account payable
- Memahami kecurangan/fraud dalam Account Payable serta upaya antisipasinya
- Key performance indicator (KPI) dan pengukuran kinerja dalam Account Payable
- Best practice dalam mengelola payables
PESERTA
Pelatihan ini sesuai untuk diikuti oleh: Manajer Keuangan, Staf Keuangan / Accounting Staff, Staf Perbendaharaan & semua pihak yang ingin meningkatkan pengetahuan seputar Account Payable
FACILITIES
- Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
- Training Material (HandOut & SoftCopy)
- Convenient training facilities in stars hotel
- Lunch and Coffee Breaks
- Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
- Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
- Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
- Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
- Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.