Deskripsi :

Audit internal adalah bantuan bagi manajemen operasi untuk mendapatkan umpan balik atas kecukupan tata kelola (governance) dan manajemen risiko, serta keandalan pengendalian. Didefinisikan dalam suatu Audit CharterSatuan/Unit Audit Internal mendapatkan kewenangannya untuk melaksanakan fungsi konsultansi dan assurance agar terdapat nilai ditambahkan kepada proses bisnis korporasi.

Pengorganisasian proses bisnis korporasi, mengalami perubahan yang berkelanjutan untuk mendapatkan daya tawar tertinggi dari posisinya dalam lingkungan ekonomi. Usaha manajemen ini menampakkan “pengendalian“ yang juga dapat diamati perubahannya dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, agar tetap dapat memberikan sumbangan terbaiknya bagi usaha mempertahankan kecukupan rancangan dan efektivitas penerapan “pengendalian“,  audit internal perlu memperbarui  “proses bisnisnya“.

Internal Auditing Berdasarkan Risiko (RBIA) adalah suatu rancangan yang dibuat dengan muatan yang selaras dengan penerapan ERM, sebagai proses manajemen terkini. RBIA menggunakan filosofi yang sama dengan yang digunakan ERM, bahwa usaha pencapaian tujuan organisasi akan memiliki nilai tambah terbesar jika:

  • Semua risiko yang signifikan dalam pencapaian tujuan organisasi di identifikasi dan diukur dengan tepat,
  • Setiap risiko yang signifikan dikelola di dalam suatu risk appetite (risiko yang dapat diterima oleh organisasi) yang tertentu,
  • Manajemen operasi merespon setiap risiko tepat dan sesuai kapasitas organisasi

Penerapan RBIA oleh auditor internal, akan membantu manajemen organisasi untuk secara berkesinambungan mengevaluasi tingkat penerapan ERM, sehingga organisasi tidak hanya mampu menghindarkan kerugian karena terjadinya risk events, tetapi akan mendapatkan keuntungan karena kemampuannya mengelola kejadian risiko.



Materi

Hari Pertama  :

  1. Dari Internal Control menuju Enterprise Risk Management untuk lebih meyakinkan kinerja (performance) dan kesesuaian (conformance) proses bisnis untuk pencapaian tujuan korporasi.
  2. Perkembangan peran dan fungsi audit internal dari waktu ke waktu, dalam memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
  3. Berbagai aspek yang harus dipahami dalam ERM serta proses manajemen risiko (pengenalan, penilaian dan mitigasi),
  4. Studi kasus pengenalan dan penilaian risiko

Hari Kedua :

  1. Mengevaluasi penerapan ERM untuk melaksanakan:
    • Perencanaan Audit Tahunan
    • Perencanaan Penugasan Audit
  2. Pengujian Lapangan Dan Pengujian Bukti Audit
  3. Analisa Temuan dan Pelaporan Hasil Audit
  4. Monitoring Tindak Lanjut dan Evaluasi Hasil Audit

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements