Inventori ( persediaan ) merupakan salah satu sumber daya (resources) yang keberadaannya tidak dapat dihindarkan dan sangat diperlukan untuk menjamin kelancaran usaha baik usaha bisnis maupun  industri. Untuk itu perlu direncanakan dan dikendalikan secara profesional. Berbagai metoda dan model perencanaan dan pengendalian inventori telah dikembangkan mulai dari yang paling konvensional yaitu Statistical Inventory Control (SIC) sampai dengan yang paling maju yaitu MRP dan JIT telah diaplikasikan pada berbagai perusahaan yang menyadari akan pentingnya peran inventori dalam meningkatkan daya saing usaha. Hal ini disebabkan karena kenyataan menunjukkan bahwa inventori bukan hanya sekedar kegiatan yang terkait dengan penyediaan barang saja tetapi merupakan salah satu komponen strategis dalam manajemen logistik dan supply chain. Keberadaan inventori dalam mata rantai logistik dan supply chain dapat dijumpai baik pada inbound logistics maupun  outbound logistics. Salah satu permasalahan yang akan dijawab dalam training ini adalah bagaimana menjadikan pengelolaan sistem inventori dan pergudangan lebih effisien sehingga dapat dijadikan sebagai alat untuk meningkatkan daya saing (competitiveness)

CONTENT

1. Konsep dasar dan  frame work sistem inventori:

  • a. Pengertian inventori dan perannya dalam kelancaran operasi
  • b. Siklus inventori, permasalahan dan kinerja sistem inventori
  • c. Overview metoda standar sistem inventori

2. Perencanaan dan Pengendalian Inventori:

  • a. Metoda MRP dan DRP
    • • Konsep,Frame Work dan Metoda MRP
    • • Konsep,Frame Work dan metoda DRP
  • b. Metoda pengendalian secara statistik:
    • • Penentuan cadangan pengaman
    • • Metoda pengendalian probabilistik baik Model Q maupun Model P
    • • Distribusi Pareto dan pemilihan model inventory

3. Sistem Pergudangan (Warehousing):

  • a. Perencanaan pergudangan:
    • • penentuan kapasitas gudang
    • • penentuan lokasi pergudangan
    • • Lay out gudang
  • b. Pengoperasian dan pengendalian Gudang
    • • Kebijakan Pengoperasian Pergudangan
    • • Sistem Prosedur Pergudangan
    • • Sistem Pengawasan dan Pengendalian

4. Latihan kasus dan aplikasi

  • a. Identifikasi masalah
  • b. Pengukuran Kinerja
  • c. Aplikasi metoda (SIC,MRP,DRP) pada kasus riil

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisement