DESKRIPSI
Merupakan keharusan bagi fungsi akuntansi untuk setiap bulannya ataupun triwulan atau semesteran dan akhir tahun untuk menyusun laporan keuangan dan laporan – laporan lainnya yang dibutuhkan oleh pihak ketiga (eksternal) dan perusahaan (internal). Proses menyusun laporan keuangan tersebut seharusnya melalui proses closing. Berbagai hal-hal yang menjadi tantangan bagi manajemen beserta jajaran khususnya bagian keuangan adalah bagaimana melakukan proses tutup buku secara periode dan menyajikan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu.
Pelatihan ini akan menyajikan teknik-teknik yang dapat diterapkan untuk melakukan proses tutup buku (closing) tersebut secara komprehensif dan mendetail sehingga memperoleh laporan yang tepat, akurat dengan waktu yang tidak terlalu lama (tepat waktu).

Outline Materi:
1.    Pemahaman dan pengenalan proses tutup buku (Konsep proses tutup buku penyusunan laporan keuangan: menentukan tutup buku secara cepat)
2.    Penyusunan dan perencaan waktu tutup buku secara cepat(Standard Operasi Prosedur tutup buku (closing): komunikasi antar unit dan departemen utuk tutup buku secara tepat
3.    Jenis dan langkah Aktivitas Pendukung Closing (menerapkan cara dan implementasi tutup buku secara tepat):
    Saldo buku besar (trial balance): cek saldo, eliminasi, offset, dst.
    Pengendalian buku besar: akrual, dibayar dimuka, pembalikan, koreksi dst
    Finalisasi tutup buku
4.    Pemahaman penyiapan penyusunan laporan keuangan (financial reporting)
    Struktur dan Isi  Laporan Posisi Keuangan (Neraca)
    Struktur dan isi Laporan rugi-laba
    Laporan keuangan lainnya
5.    Pemanfaatan Informasi Keuangan  dan evaluasi serta analisa proses dan kebutuhan penyusunan laporan keuanga (checklist)
6.    Penyiapan dan optimalisasi laporan untuk kebutuhan: Internal (perusahaan) dan eksternal (tujuan Perpajakan, auditor,dst)
7.    Prinsip akutansi yang berlaku Umum (GAAP)
8.    Praktik akuntansi dan keuangan yang terbaik untuk penyusunan dan persiapan laporan keuangan perusahaan untuk seluruh fungsi dan siklus pelaporan keuangan : proses peningkatan percepatan penyusuan laporan keuangan yang berkesinambungan, manual kebijakan prosedur tutup buku serta aplikasinya

PESERTA
Manajer keuangan, Eksekutif bagian keuangan dan akuntansi, Controller, Akuntan manajemen akuntansi, Senior dan junior bagian keuangan akuntasi, Karyawan Staff, Supervisor, Bagian Kontrol Keuangan, Bagian Internal Control, Internal Audit, Bagian kebijakan keuangan, Bagian manajemen keuangan (budgeting), Treasury, Bagian sistem IT keunagan dan prosedur, Professional keuangan lainnya, Peminat lainnya

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements