Statistik menunjukkan bahwa 23% karyawan di sebuah perusahaan memiliki masalah pribadi, di mana 5,4%-nya menjadi masalah yang serius. Bila ini adalah karyawan perusahaan tempat Anda bekerja, maka bisa dilihat berapa kerugian yang hilang akibatnya tidak maksimalnya produktifitas kerja karyawan. Statistik juga membuktikan bahwa dengan mengeluarkan (sharing), 75% dari mereka yang bermasalah dapat kembali produktif, dibandingkan yang hanya 10% saja yang tidak mendapatkan konseling bisa kembali produktif.
Dari informasi di atas, berarti perlu diadakan suatu perubahan dalam menghadapi masalah-masalah yang dialami karyawan.  Cara yang terbaik adalah dengan melakukan employee counseling di tempat kerja. Siapa yang harus melakukannya? Apakah HRD, atasan, management, atau teman?  Ternyata counseling bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki ketrampilan untuk itu.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN

Pelatihan ini akan membahas mengenai Teknik Konseling Untuk Karyawan. Sehingga diharapkan:

  1. Peserta pelatihan dapat mengetahui dasar-dasar ilmu konseling.
  2. Peserta pelatihan dapat mengetahui tujuan dan manfaat dari sebuah konseling.
  3. Peserta pelatihan dapat mengetahui cara-cara untuk menjadi seorang konselor yang baik dan mengetahui penyebab-penyebab karyawan memiliki masalah.
  4. Peserta pelatihan dapat mengetahui tahap-tahap konseling secara mendetil, dan memahami setiap tahapnya.
  5. Peserta pelatihan dapat mempraktekkan teknik konseling di lingkungan kerja.

MATERI PELATIHAN

Berikut adalah ringkasan materi pelatihan Teknik Konseling Untuk Karyawan:

1. Pengenalan dasar-dasar ilmu konseling.

2. Tujuan dan manfaat dari konseling di perusahaan.

3. Syarat menjadi konselor yang baik.  

4. Teknik komunikasi verbal & non verbal

5. Tahapan konseling di perusahaan :

a. Tahap Persiapan Konseling

b. Tahap Awal

  • Good Raport
  • Attending

c. Tahap Eksplorasi

  • Probing
  • Clarifying
  • Perception Checking
  • Focusing
  • Confronting

d. Tahap Konsolidasi

  • Reflecting Experience

e. Tahap Planning (Perencanaan)

  • Advising
  • Informing

f. Tahap Termination

  • Summarizing

6. Praktek konseling

TARGET PESERTA PELATIHAN

  • Pimpinan
  • Manajer & Staff HRD
  • Semua pihak yang ingin meningkatkan pengetahuan seputar Teknik Konseling Untuk Karyawan

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements