Mengapa Cost Reduction Strategy (CSR)?
Tiap perusahaan yang belum berada dalam posisi memimpin (leading) pasar, karena berbagai faktor, harus fokus bertindak untuk meningkatkan posisi kepemimpinannya. Apalagi perusahaan yang menghadapi kecenderungan turunnya laju pertumbuhan penjualan atau bahkan laba operasionalnya.
Cost Leadership menjadi salah satu pilihan strategis (jangka panjang).

Ada dua aspek penting.

  • Eksternal: apakah persaingan makin bergerak ketat dan cepat? Apakah konsumen makin menuntut? Apakah Pemimpin pasar sering silih berganti. Apakah ketidakpastian di Lingkungan Makro makin sering terjadi?
  • Internal: Proses bisnis sudah maksimum? Banyak kegiatan yang sesungguhnya tidak terlalu menambah nilai pada produk atau jasa? Manajemen puncak belum sepenuhnya melibatkan diri dalam usaha reduksi biaya?

Cost Reduction  berbeda dengan Cost Cutting.
Dalam jangka panjang Cost Leadership, secara bertahap,  bisa mengarah ke Price Leadership. Peningkatan produktivitas melalui Cost Reduction Strategy, yang melibatkan seluruh bidang dan karyawan harus menjadi kerangka berpikir yang berkelanjutan. Inilah yang menyebabkan Cost Reduction sebaiknya bukan sekadar Program, tetapi Strategy.
Cost Reduction bukan hanya berlaku di wilayah Keuangan dan Produksi saja.
Cost Reduction ada di semua elemen perusahaan.

TUJUAN
Sesudah mengikuti lokakarya ini secara aktif, Peserta sudah

  • Lebih Sadar dan Lebih Paham atas peran Cost Reduction Strategy dalam memperkuat Daya Saing Bisnis
  • Lebih Paham atas Metoda Penerapan Langkah Strategis dan Operasional  Cost Reduction Strategy
  • Lebih Mampu melakukan Analisa Proses Bisnis dalam usaha mereduksi biaya

POKOK BAHASAN :
1.    COST  REDUCTION  STRATEGY  DAN  DAYA  SAING  BISNIS.

  • Pertumbuhan Penjualan & Laba Jangka Panjang
  • Latar Belakang Situasi External dan Internal
  • Mana yang Lebih Terkendali: Harga Jual atau Biaya?
  • Posisi Kita Saat ini: Price Maker atau Price Taker?

2.    TAHAP 1 : PONDASI  STRUKTURAL  CRS  YANG  KOKOH

  • Mengapa Cost Reduction Strategy
  • Keterlibatan dan Komitmen Pimpinan Puncak
  • Keteraturan Sistem dan Organisasi

3.    TAHAP 2 : STRATEGI  DAN  IMPLEMENTASI  CRS

  • Perilaku Biaya berbasis Fungsi, Cost Center atau Aktivitas?
  • Analisis Value Chain
  • Analisa Aktivitas
  • Identifikasi dan Eliminasi Pemborosan
  • Smart Budgeting

4.    TAHAP 3 : KEMBANGKAN  CRS  MENJADI  SISTEM  BERKELANJUTAN

  • CRS yang Built-In dalam Sistem
  • CRS yang Built-In dalam Perilaku Individual

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements