Fraud atau tindakan curang diperusahaan merupakan adalah bahaya latent yang tidak akan pernah hilang, selalu mengancam dan dapat terjadi sewaktu-waktu, kapan saja dimana saja, dapat dilakukan oleh siapa saja dan dengan cara apa saja.Seringkali perusahaan tidak menyadari terjadinya fraud, hingga ahirnya perusahaan terkejut saat mendapatkan kerugian financial yang signifikan serta hancurnya reputasi bisnis perusahaan akibat fraud. Fraud biasanya banyak dilakukan oleh level bawah, mengingat motivasi utama orang melakukan fraud karena terdesak ekonomi, tetapi banyak pula yang dilakukan oleh level mengah dan atas. Sebagai solusinya, perusahaan harus sesegara mungkin melakukan pencegahan terjadinya fraud dari berbagai aspek. Dan  jika fraud sudah terjadi, perusahaan harus bisa melakukan investigasi fraud dan dijadikan dasar untuk membuat kebijakan atau peraturan selanjutnya.

TUJUAN PELATIHAN :

  1. Peserta diharapkan memahami karakteristik fraud dan bagaimana cara menanganinya
  2. Peserta diharapkan dapat membangun fraud control system dari berbagai aspek
  3. Peserta diharapkan dapat memahami comitmen, policy,tool dan organization fraud
  4. Peserta diharapkan memahami pencegahandan sistim pelaporan fraud
  5. Peserta memahami investigas atau pemeriksaan fraud beserts proses pelaporannya

CAKUPAN MATERI PELATIHAN :

  1. MEMAHAMI KARAKTERISTIK FRAUD
    1. Definisi dan sifat fraud
    2. Faktor penyebab fraud
    3. Pelaku tindakan fraud
    4. Dampak tindakan fraud
    5. Menditeksi adanya fraud
    6. Tipe Fraud
    7. Ketentuan hukum pidana terkait fraud
    8. Tehnik dan cara melakukan fraud
  2. POBLEMATIKA PENANGANAN FRAUD
    1. Kesadaran yang rendah
    2. Sikap rekasional
    3. Penanganan tunggal
    4. Kecenderungan penindakan
    5. Tidak adanya konsep ideal
    6. Kurangnya kompetensi
  3. PERSYARATAN MEMBANGUN FRAUID CONTROL SYSTEM
    1. Anti fraud comitmen
    2. Anti fraud policy
    3. Anti fraud Tools
    4. Anti fraud Organization
  4. MEKANISME ANTI KECURANGAN (ANTI FRAUD MECHANISM)
    1. Pencegahan fraud (fraud prevention)
    2. Sistem pelaporan Fraud (White Blowing System)
    3. Pemeriksaan Fraud (Fraud Investigation)
    4. Sanksi dan Perbaikan (Sanction dan Recovery)
  5. PERAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE
    1. Peran perusahaan dan GCG dalam Antisipasi Terjadinya Fraud pada sebuah bank
    2. Bagaimana Solusi menghadapi Fraud (Litigasi, Penelusuran aliran dana dan Penyediaan data kepada Kepolisian.
  6. REPORTING FRAUD PROSEDUR

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisements