LATAR BELAKANG:
Gudang merupakan bagian penting dari supply chain management. Akurasi stock, order picking system, pengisian kembali stock yang berkurang merupakan kunci penting dalam meningkatkan kecepatan pelayanan.

Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan kemampuan untuk mengelola persediaan yang ada di gudang

Komputerisasi adalah pemanfaatan komputer sebagai sarana pengolah data, dimana persoalan yang akan didukung oleh komputer harus dapat dijabarkan kedalam sejumlah langkah penyelesaian yang pasti dengan sejumlah masukan dan keluaran yang sudah ditetapkan

Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau dapat dirasakan akibatnya pada tindakan atau keputusan saat ini atau yang akan datang.

Nilai informasi adalah nilai dari perubahan tingkah laku keputusan yang disebabkan oleh informasi dikurangi pengorbanan atau biaya untuk mendapatkan informasi tersebut.

Management sumber daya informasi adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa informasi adalah sumber daya yang berharga dan harus dikelola seperti sumber daya yang lain seperti uang, material, dan manusia

Umur Informasi adalah lamanya informasi disimpan atau dipelihara dalam suatu sistem informasi.

Inventory Management System adalah suatu aplikasi yang akan memerlihara informasi dasar tentang status part/ material yang terdapat dalam gudang.

TUJUAN/MANFAAT:
Pelatihan ini akan membantu peserta dalam memahami fungsi dari sistim informasi pergudangan dan pengaruhnya dalam meningkatkan efisiensi operasi gudang

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan:

  1. Memahami perencanaan dan pengawasan (control) stock material sehingga biaya inventory bisa ditekan secara efektif.
  2. Memahami data data persediaan yang perlu dipelihara
  3. Memahami cara mengaplikasikan sistim informasi manajemen pergudangan

CAKUPAN MATERI TRAINING :

  1. Pengertian Sistim Informasi
  2. Sistim Informasi Pergudangan
  3. Fungsi utama dari aplikasi adalah memelihara data jumlah barang yang ada (on hand quantity) baik yang sudah dialokasikan untuk suatu proyek tertentu, ataupun yang merupakan stock.
  4. Memelihara perpindahan material baik yang masuk ke gudang (received/ incoming) ataupun yang keluar dari gudang (issued/outgoing).
  5. Disamping itu akan didapti pula fungsi transfer, yaitu perpindahan material dari stock ke project tertentu atau sebaliknya dari projek tertentu ke stock .
  6. Disamping itu aplikasi Item Master juga memelihara data lokasi material, baik material yang disimpan digudang (rak-rak) ataupun dilokasi lain. Penentuan lokasi ini berguna untuk mendapatkan barang secara cepat serta menggunakan tempat (space) secara efektif.
  7. Aplikasi Item Master ini akan berhubungan (berinterface) dengan aplikasi Bill of Material (BOM), procurement dan Material Requirement Planning (MRP).
  8. Dari BOM, aplikasi Item Master akan mengambil informasi-informasi dasar tentang material yaitu material ID number, material number, material name dan sebagainya.
  9. Dari Purchasing aplikasi Item Master mendapatkan data yang berhubungan dengan penerimaan barang seperti Purchase Order (PO) number, quantity Received dan sebagainya. Sedangkan dari aplikasi MRP, aplikasi Item Master akan memperoleh data material / part yang sudah teralokasi untuk suatu proyek tertentu.
  10. Incoming Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data transaksi penerimaan material pada saat material diterima di gudang.
  11. Outgoing Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data transaction pengeluaran material pada saat material keluar dari gudang.
  12. Transfer Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data perpindahan material dari yang teralokasi pada projek ke stock, atau sebaliknya dari stock ke proyek tertentu. Pencatatan transaksi ini dilakukan pada saat material dipindahkan
  13. Adjustment Transaction, sebagai fasilitas untuk mencatat data penyesuaian jumlah material (tambah atau kurang) antara yang tercatat dalam tabel dengan yang ada secara fisik. Pencatatan transaksi ini dilakukan pada saat material disesuaikan .
  14. Laporan Status & Lokasi Material yang ada di gudang .
  15. Laporan Pemakaian Material untuk suatu projek tertentu.
  16. Laporan Tahunan Physical Inventory dan sebagainya.
  17. Laporan status & Lokasi Material yang ada digudang.
  18. Laporan Pemakaian Material untuk suatu projek.
  19. Laporan tahunan Physical Inventory.

SIAPA SEBAIKNYA MENGIKUTI TRAINING INI?:
Peserta dari pelatihan ini adalah Manajer dan Staf yang mengelola persediaan dan gudang baik di perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa dan organisasi lainnya

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisement