DESKRIPSI
Operasional hotel mencakup kegiatan yang luas. Baik dari segi Services/Pelayanan, Mchanical & Electrical, Engineering, Production pada Kitchen, Technology pada fasilitas kamar tamu, Office activities dan untuk tamu pada Business Center. Bagaimana prosedur accounting dapat mengakomdasi seluruh aktifitas tersebut, mulai dari pencatatan, perhitungan dan pelaporan serta dokumen yang dibutuhkan akan dibahas pada pelatihan ini.

MANFAAT PELATIHAN BAGI PESERTA

  1. Memahami proses dan siklus akuntansi pada hotel dan restaurant
  2. Memahami faktor-faktor yang penting diperhatikan dalam menyusun Standard Operating & Accounting Policy and Procedure Hotel & Restaurant
  3. Memahami prinsip, metode & teknik dalam proses penyusunan Standard Operating & Accounting Policy and Procedure
  4. Para Peserta akan dilengkapi dengan contoh-contoh Standard Operating & Accounting Policy and Procedure pada Hotel & Restaurant

MATERI

  1. STANDARD OPERATING POLICY AND PROCEDURES (SOP ACCOUNTING)
    a. Hubungan antara Tujuan, Strategi dan Kebijakan
    b. Kandungan Standard Operating Policy & Procedure
    c. Hambatan dalam pembuatan Standard Operating Policy & Procedure
    d. Bentuk-bentuk Standard Operating Policy & Procedure
    e. Prinip Dasar Laporan : Penyusunan,Penyajian dan Pengungkapan
  2.  SISTEM – ASPEK TERKAIT dalam SOP ACCOUNTING
    a. Pengandalian Internal
    b. Prinsip Dasar Akuntansi
    c. Peraturan Terkait
    d. Organisasi, Sumber Daya, Proses, Dan Sistem
  3.  LANGKAH LANGKAH PENYUSUNAN SOP ACCOUNTING
    a. Proses Bisnis Perusahaan
    b. Review Struktur Organisasi Dan Job Description Yang Ada.
    c. Menggali Informasi Terhadap Pelaku Proses Dan Penanggung Jawab
    d. Penyusunan Kebijakan & Prosedur
    e. Design Form, Diagram Alur, Dokumen Terkait
    f. Evaluasi Terhadap Pengendalian Internal
    g. Evaluasi Terhadap SOP Yang Telah Disusun
    h. Penerapan dan review implementasi
  4. PENYUSUNAN SOP ACCOUNTING PEMBELIAN
    a. Permintaan Penawaran harga
    b. Proses Permintaan barang
    c. Prosedur Order Pembelian
    d. Prosedur Distribusi pembelian
    e. Pembelian Tunai, Kredit & Pencatatan Hutang
    f. Pelunasan Tunai & Kredit
  5.  PENYUSUNAN SOP ACCOUNTING RECEIVING
    a. Prosedur Penerimaan Barang
    b. Posedur Penyimpanan
    c. Pengeluaran Barang
  6. PENYUSUNAN SOP ACCOUNTING PENJUALAN
    a. Kebijakan Credit
    b. Kualitas Kredit & Analisa Kredit
    c. Payment Monitoring
    d. Pengendalian Piutang
    e. Recovery Problem Account
  7.  PENYUSUNAN SOP ACCOUNTING CASH
    a. Penjualan Dari Recepcionist
    b. Penerimaan Kas
    c. Prosedur Penyetoran Kas & Bank
    d. Pencatatan Penjualan Tunai
    e. Pencatatan Ke Dalam Buku Besar
    f. Prosedur Pengeluaran Kas
  8. PENYUSUNAN SOP ACCOUNTING LAIN YANG TERKAIT
    a. Sistem Pengendalian Intern
    b. Night Auditing
    c. Struktur Organisasi
    d. Sistem Otorisasi & Prosedur Pencatatan
    e. Pengelolaan Asset
    f. Perubahan Kebijakan & Peraturan Terkait

PESERTA
Staf hingga manager yang terlibat langsung dan ingin memperdalam teknik penyusunan SOP atau memperbaiki SOP

FACILITIES

  • Certificate, Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB), Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel
  • Lunch and Coffee Breaks
  • Souvenir

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisement