TUJUAN DAN MANFAAT PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu untuk :

  • Mengetahui dan Memahami fungsi dan peran kantor dalam organisasi
  • Memahami tahapan pengelolaan informasi yan dibutuhkan oleh unit lain dalam perusahaan
  • Memahami tahapan dan teknik dalam pengelolaan arsip (sistim filling) dengan baik dan efektif
  • Memahami fungsi Standard Operation Procedure (SOP) untuk kelancaran aktifitas perusahaan
  • Meningkatkan kemampuan problem solving terkait dengan administration and modern office

MATERI PELATIHAN

  1.  Ruang Lingkup dan Konsep Administration and Modern Office
  • Konsep dan Definisi kantor dan administrasi perkantoran
  • Ruang lingkup dan Konsep administrasi perkantoran Modern
  • Tujuan dan Manfaat administrasi perkantoran efektif
  • Karakteristik administrasi perkantoran modern
  1. Manajemen Kantor
  • Pengelolaan sumber daya kantor
  • Azas manajemen perkantoran
  • Pengaturan aktifitas kantor
  • Pengadaan dan pemeliharaan perlengkapan kantor
  • Struktur organisasi kantor
  1.  Tata Ruang & Fasilitas & Manajemen Kantor
  • Definisi dan Tujuan tata ruang kantor
  • Azas dan Jenis tata ruang kantor
  • Fasilitas kantor
  • Penyusunan tata letak fasilitas kantor dan Tata lingkungan kantor
  • Prinsip 5S / 5R dalam tata ruang kantor
  1. Tata Kelola Komunikasi & Korespondensi
  • Definisi, ciri, fungsi, dan jenis surat
  • Bagian surat
  • Format dan Bahasa surat
  • Tahapan penyusunan surat
  • Tahapan pengurusan dan pengendalian / kontrol surat masuk dan surat keluar
  1.  Pelayanan Telepon
  • Persiapan Menerima telepon
  • Teknik Menelepon
  • Mencatat pesan telepon
  • Kesalahan dalam bertelepon
  1.  Administrasi dan Pelayanan Tamu
  • Syarat penerima tamu
  • Catatan identitas tamu
  • Teknik Pelayanan Prima terhadap tamu
  1.  Dokumentasi dan Arsip
  • Definisi serta Konsep arsip dan pengelolaan arsip
  • Jenis arsip & Tujuan Pengelolaan Arsip
  • Penggandaan dan pendistribusian arsip
  • Penataan arsip (klasifikasi dan pengkodean arsip)
  • Pemeliharaan dan penyimpanan arsip vital
  • Peminjaman arsip dan Penyusutan arsip
  • Hal-hal penting dalam pengelolaan arsip
  1.  Penyusunan Standar Operating Procedure (SOP)
  • Definisi dan Manfaat Penyusunan SOP
  • Simbol-simbol SOP
  • Prinsip dan teknik penyusunan SOP
  1.  Pengelolaan Inventarisasi
  • Definisi dan Pelaksanaan inventarisasi
  • Pelaksanaan inventarisasi
  • Mutasi barang
  • Pemberian label dan kode barang
  • Penghapusan barang
  1.  Pengelolaan Waktu yang Efektif dalam Menangani Pekerjaan Kantor
  • Nilai waktu dan pentingnya pengelolaan waktu yang efektif
  • Teknik manajemen waktu : skala prioritas, delegasi, dan asertif
  • Identifikasi penyebab waktu terbuang percuma dan antisipasinya
  • Mengelola rapat secara efektif dan membuat notulen yang baik
  1.  Otomatisasi Kegiatan Administrasi Perkantoran
  • Makna dan dampak otomatisasi dalam administrasi perkantoran
  • Aplikasi otomatisasi dalam administrasi perkantoran
  • Teknologi Informasi dalam Administrasi Perkantoran
  • Software untuk administrasi perkantoran
  • Sistem Arsip Elektronik
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Manajemen basis data
  • LAN, intranet, dan internet

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisement