BASIC RESERVOIR ENGINEERING FOR NON-PETROLEUM ENGINEER

DESKRIPSI PELATIHAN

Reservoir Engineering merupakan cabang dari “Petroleum Engineering” dengan tugas utamanya adalah peramalan kelakuan reservoir, laju produksi dan jumlah minyak atau gas yang dapat diproduksikan dari suatu sumur, sekelompok sumur, ataupun dari seluruh reservoir, di masa datang berdasarkan anggapan-anggapan yang mungkin, ataupun dari sejarah masa lalunya yang sudah ada. Reservoir merupakan suatu formasi yang terdiri dari batuan dengan rongga yang sangat kecil, disebut pore, yang dapat menyimpan fluida. Disamping mengandung berbagai jenis hidrokarbon, batuan reservoir umumnya mengandung air asin. Fluida ini, dalam keadaan kesetimbangan, akan berada secara berlapis dengan yang paling ringan (gas) berada paling atas, kemudian minyak, dan yang terberat (air) berada paling bawah. Dasar-dasar resevoir ini sangat penting dalam memprediksikan cadangan hidrokarbon (minyak dan/atau gas) serta membantu memprediksikan hal apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan produksi baik melalui sumur infill maupun sumur injeksi.

TUJUAN DAN MANFAAT PELATIHAN

Setelah mengikuti training ini diharapkan peserta dapat :

  1. Mampu menjelaskan reservoar hidrokarbon yang terdiri dari komponen-komponen : wadah, isi dan kondisi.
  2. Memahami dan mendeskripsikan jenis-jenis mekanisme pendorong reservoir.
  3. Mampu mengklasifikasikan cadangan hidrokarbon.
  4. Mampu menghitung perkiraan cadangan hidrokarbon secara volumetris (berdasarkan peta isopach) baik untuk reservoir yang homogen maupun heterogen.
  5. Mampu memahami konsep kesetimbangan materi dari system eksploitasi reservoir
  6. Mampu menghitung perkiraan cadangan hidrokarbon menggunakan konsep kesetimbangan materi (persamaan material balance).
  7. Mampu menghitung perkiraan cadangan sisa reservoir hidrokarbon berdasarkan data penurunan produksi (decline curve) dan memprediksikan cara peningkatan produksi.

MATERI / OUTLINE PELATIHAN

  1. Pendahuluan megenai reservoir, komponen reservoir (wadah, isi dan kondisi)
  2. Jenis-jenis reservoir dan mekanisme pendorongnya
  3. Klasifikasi cadangan hidrokarbon
  4. Metode material balance dalam menentukan besarnya cadangan hidrokarbon
  5. Metode volumetrik dalam menentukan besarnya cadangan hidrokarbon
  6. Metode decline curve (kurva penurunan produksi)
  7. Latihan perhitungan dan prediksi dari studi kasus.

Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.

Catatan :

  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Advertisement