Manajemen Strategi
PENGANTAR DAN TUJUAN :
Lingkungan makro dan stakeholder perusahaan yang berubah sangat cepat dan seringkali di luar dugaan, terkadang membuat para eksekutif dan pengambil keputusan bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Keadaan seperti ini sangatlah berbahaya karena mungkin kompetitor sudah terlebih dahulu menyikapi perubahan itu dengan tepat. Perusahaan harus mampu secara proaktif memprediksi dan mengantisipasi perubahan itu dan melakukan reevaluasi konsep manajemen strateginya dan membuat keputusan strategis dengan cepat dan tepat.
Training tiga hari ini akan difokuskan pada pembahasan konsep manajemen strategi, konsep Balanced Scorecards secara utuh, terintegrasi dan praktis. Seminar ini akan dilakukan dengan case method sehingga mudah dipahami dan dapat merangsang diskusi mendalam terhadap setiap topik yang dibahas.
CAKUPAN MATERI TRAINING :
1. Memahami dinamika lingkungan perusahaan.
- Dinamika lingkungan makro.
- Dinamika stakeholder perusahaan.
- Analisis SWOT ( Strength, weakness, opportunity dan threat).
- Kajian perlunya reevaluasi dan perumusan kembali visi dan misi perusahaan.
- Kerangka analisis strategi.
- Pengertian manajemen strategi.
- Strategic management process.
- Strategi fungsi bisnis.
- Sistematika penyusunan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP).
- Perubahan lingkungan bisnis, proses bisnis dan konsekuensinya.
- Manajemen Perubahan.
- Tuntutan dunia bisnis.
- Paradigma world -class company.
- Konsep Innovation arrow.
- Perumusan kembali Visi dan Misi Perusahaan.
- Definisi Visi dan Misi.
- Rumusan Visi dan Misi yang efektif
- Strategic Framework..
- Implikasi Visi dan misi terhadap strategi dasar korporat.
- Contoh Visi dan Misi beberapa perusahaan dan BUMN.
- Value Chain Analysis
- Apa yang dimasksud dengan value chain.
- Ilustrasi value chain untuk perusahaan minyak dan gas, perusahaan jasa, kontraktor dll.
- Latihan membuat value chain analysis.
- Menjabarkan strategi kedalam aktivitas perusahaan dengan menggunakan Balanced Scorecards.
- Pengertian Balanced Scorecards.
- Mengukur strategi bisnis dari perspektif keuangan.
- Mengukur strategi bisnis dari perspektif pelanggan.
- Perspektif proses bisnis internal.
- Learning and growth perspectives.
- Menghubungkan Balanced Scorecards dengan strategi perusahaan.
- Studi kasus dan diskusi interaktif
Dalam studi kasus ini akan dibahas beberapa kasus manajemen strategi di BUMN dan swasta.
Workshop Leader:
Ir. Asep Saefulbachri, MBA.,MM / Teams
adalah lulusan Sarjana Teknik dan Manajemen Industri Institut Teknologi Bandung (ITB). Pendidikan MBA beliau tempuh dari Asian Institute of Management Manila serta Magister Management dari sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB Telkom). Beliau juga mengikuti pendidikan singkat lainnya di Arizona State university USA, ATI-Edmonto, Canada, dan Siemens-Munich West Germany. Pengalaman profesional beliau lebih dari 25 tahun, antaranya di Direktorat Logistik PT Telkom (1981 – 1993), Manajer Pengembangan usaha PT Bangtelindo Bandung (1996 – 1997), Managing Director Forum Eksekutif Indonesia, Bandung, Course Director Strategic Forum Expertise Sdn Bhd Kuala Lumpur, Malaysia (sejak 1995), Dosen tetap dibeberapa perguruan tinggi untuk program S1 Jurusan Teknologi Industri (sejak 1993) dan program pasca sarjana (S2) Teknik & Manajemen Industri (sejak 1992). Beliau telah mengajar banyak kelas training untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia dengan topik-topik yang berkaitan dengan keahlian beliau seperti Operation Management, Purchashing, Production, Logistic & Supply Chain Management, Business & Financial Management, dan lain – lain.
METODE
- Pelatihan Aktif,
- Presentasi Interaktif
- Diskusi Kelompok,
- Brainstorming,
- simulasi,
- Studi Kasus,
- Latihan & Bimbingan,
- Diskusi,
- Experiential Learning,
- Icebreaker
FASILITAS
- Tempat pelatihan di Hotel bintang
- Sertifikat Training
- Exclusive Training Kit and backpack ( flashdisk, dan alat tulis )
- Modul (Hard Copy + Soft Copy)
- Lunch dan Coffe Break
- Souvenir
- Excecutive transportation
- Galadinner
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
- Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Training dengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
- Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum.
- Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.